Anies Minta Penghuni Gubuk di Tanah Abang Pindah Sebelum Digusur

 Gubernur DKI Jakarta
BerbagiCerita- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah meminta Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede untuk mensosialisasikan penertiban gubuk liar yang memadati jalur inspeksi Kanal Banjir Barat (KBB) Tanah Abang. Sebab jalur inspeksi tersebut bukanlah lokasi untuk tempat tinggal.
"Kemarin saya sampaikan bahwa sosialisasikan rencana itu dengan baik. Sampaikan kepada mereka bahwa pemerintah akan menertibkan. Ini jelas bukan tempat mereka bisa tinggal," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017).
Anies mengungkapkan, sosialisasi dilakukan agar penghuni gubuk liar tersebut membongkar bangunannya sendiri. Dia berharap penghuni juga pindah dari lokasi tersebut.
"Tujuan sosialisasi adalah biar mereka mau bergerak sendiri. Beresin sendiri dan jalan. Tanpa harus dibongkar oleh aparat. Itu kita sampaikan," ujar Anies.
Anies menyebut, sesuai proyeksi Mangara, para penghuni gubuk bersedia menertibkan bangunan. Para penghuni, disebut, sadar telah melanggar aturan.
"Kalau menurut proyeksi Pak Wali mereka biasanya bergerak. Karena itu jelas-jelas jalan yang dipakai untuk umum. Untuk kontrol. Mereka tahu itu bukan tanah yang bisa dipakai. Tapi kita akan tertibkan akan tegas," tutur Anies.
Saat disinggung apakah ada rencana relokasi penghuni gubuk liar di jalur inspeksi Kanal Banjir Barat ke rumah susun, Anies mengaku belum ada pembicaraan terkait hal itu.
"Belum ada pembicaraan," katanya
Sebelumnya, Anies Baswedan mengungkapkan akan menertibkan gubuk-gubuk liar yang menjamur di jalur inspeksi Kanal Banjir Barat, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
"Kami sekarang lakukan pengerukan dan pengerukan itu butuh space, jadi nampak sekali permukiman-permukiman liar itu amat mengganggu. Nanti akan kami tertibkan," kata Anies di Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri, Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (5/11).
detikcom pernah mendatangi lokasi di sepanjang Kanal Banjir Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (4/11) lalu. Bangunan-bangunan liar tersebut berdiri di Jalan Tenaga Listrik, Tanah Abang, Jakpus. Bangunan itu dibuat dari terpal dan kayu tripleks. Gubuk liar tersebut berdiri sepanjang 1,1 km jalan inspeksi.




 Poker Online
 UBC POKER








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »